Kamis, 09 Juni 2011

Paragraf Deduktif


Pengertian Paragraf Deduktif
Paragraph deduktif adalah paragraph yang mempunyai gagasan pokok di awal paragraph dan diikuti gagasan-gagasan penjelasan. Gagasan pokok paragraph deduktif merupakan pernyataan/kalimat yang bersifat umum. Gagasan penjelas paragraph deduktif merupakan pernyataan-pernyataan/kalimat-kalimat yang bersifat khusus yang mendukung gagasan pokok.
Dapat disimpulkan bahwa gagasan pokok paragraph deduktif merupakan kesimpulan dari keseluruhan paragraph. Kesimpulan tersebut bersifat umum. Sebaliknya, gagasan penjelasan merupakan perincian yang terletak setelah gagasan utama dan bersifat khusus.


Bagian contoh Paragraf Deduktif
Contoh:
Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajar akan efentif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai di cari di buku.

Kalimat utama yang ada dalam contoh paragraph tersebut berada di depan paragraph yaitu “Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional”, sedangkan kalimat-kalimat yang lain adalah kalimat penjelas dari kalimat utama tersebut.


Contoh:
Kegiatan ultah panser biru yang ketiga bahkan mencapai klimaksnya. Ketika mereka menggelar  jalan santai sepuluh ribu peserta bahkan membirukan kota Semarang. Apalagi panitia telah menyiapkan doorprize besar-besaran. Ada motor, TV, kulkas, VCD player, tape dan ratusan hiburan lainnya.
Kegiatan ultah panser biru yang ketiga adalah kalimat utamanya.
Bagian Uraian Paragraf Deduktif
Paragraf Deduktif memiliki ciri-ciri sperti:
  1. Kalimat utama berada di awal paragraf.
  2. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan khusus
Bagian Cara Menulis Paragraf Deduktif
Cara menulis paragraf deduktif:
  1. Tentukan topik atau tema paragraf yang akan dibuat.
  2. Susunlah kalimat topik atau gagasan pokok dengan baik dan jelas.
  3. Susunlah kalimat-kalimat penjelas untuk menjelaskan gagasan utama. Letakkan kalimat-kalimat penjelas sesudah gagasan pokok
  4. Buatlah kerangka karangan.
  5. Kembangkan kerangka deduktif menjadi sebuah paragraf deduktif, gunakanlah kalimat yang efektif, diksi yang tepat dan ejaan yang benar.
Bagian Refleksi Paragraf Deduktif
Untuk memperkaya tulisan siswa dan menambah kosa kata siswa. Tulislah sebuah Paragraf Deduktif!. Selamat Bekerja!.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar